Header Ads

Cegah Konflik SARA, Begini Cara Kodam Siliwangi Jaga Kerukunan Umat Beragama

Baturaja Radio - Semua pihak diimbau jangan terprovokasi dan harus berpikir jernih terkait konflik bernuansa SARA di Tanjungbalai, Sumatera Utara. Untuk mencegah hal-hal serupa terjadi di Jawa Barat, Kodam III Siliwangi turun tangan dan menggelar patroli.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo memerintahkan seluruh prajuritnya tetap mengawal situasi kondusif dan aman di Jawa Barat.

"Disampaikan kepada seluruh jajaran untuk turun ke lapangan dan mengajak semua tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat pribumi maupun WNI keturunan untuk saling bersatu serta bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada di lingkungannya," kata Hadi dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (31/7/2016).

Toleransi umat beragama yang selama ini berlangsung di Jawa Barat harus dipertahankan. Maka itu, perlu peran seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan dan menjaga suasana damai di tengah ragam perbedaan.

"Kita harus menunjukkan bahwa Indonesia adalah berbeda-beda tetapi satu," kata Hadi.

Instruksi Pangdam III Siliwangi langsung direspons Kodim 0618/BS Kota Bandung yang telah menggerakkan personel Babinsa untuk mengamankan tempat ibadah. Pelaksanaan kegiatan penjagaan rumah ibadah yang tersebar di Kota Bandung ini berlangsung sejak Sabtu (30/7) kemarin.

"Ternyata pelaksanaan pengamanan tersebut tidak hanya murni dari anggota Babinsa saja, tetapi ada dari institusi Polri, Linmas Kecamatan. Bahkan masyarakat pribumi dan WNI keturunan bersama-sama saling bergantian menjaga Vihara," kata Kepala Penerangan Kodam III Siliwangi Letkol Arh Desi Ariyanto. ( detik )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.